Resensi Buku 99 Fenomena Menakjubkan dalam Al Qur'an






Resensi Buku " 99 Fenomena Menakjubkan dalam Al - Qur'an "

1. Judul Buku     : 99 Fenomena Menakjubkan dalam Al - Qur'an
2. Pengarang     : Nurul Maghfirah
3. Penerbit         : Mizania
4. Tahun Terbit : 2015
5. Tebal Buku    : 240 Halaman
6. Isi Resensi Buku

Sinopsis
Buku ini menceritakan tentang 99 fenomena menakjubkan yang disebutkan dalam al-qur'an. Fenomena-fenomena tersebut mengungkapkan berbagai fakta-fakta menarik dalam al- qur'an ditinjau dari berbagai ilmu pengetahuan, baik dari sisi sejarah, fisiologi, psikologi, biologi, geografi, fisika, fauna, sosial, kesehatan, makanan, gizi, serta astronomi.
Dari sekian banyak fenomena yang diceritakan dalam al - qur'an, buku ini hanya mengambil 99 fenomena menakjubkan dalam al - qur'an kemudian fenomena tersebut dibahas satu persatu secara mendetail dengan memaparkan ayat dalam al qur'an kemudian dikaitkan dengan berbagai penjelasan ilmu pengetahuan saat ini.
Berbagai fenomena menarik dalam al - qur'an ternyata mengandung berbagai segi yang menarik untuk dibahas karena fenomena dalam al qur'an juga dibuktikan dengan fakta dalam ilmu pengetahuan yang benar adanya. Mulai dari hewan melata seperti paus, kelelawar, rayap, semut, nyamuk, dan berbagai hewan melata lainnya yang disebutkan dalam al qur'an ternyata memiliki berbagai hal menarik untuk diketahui karena dengan tersingkapnya ilmu pengetahuan saat ini  telah membuktikan bahwa al qur'an benar-benar kitab suci terlengkap yang bersumber dari Allah swt. yang di dalamnya terdapat berbagai sumber  ilmu pengetahuan yang begitu lengkap dan menyeluruh dan sedikit manusia ulul albab yang mau berfikir  yang dapat menyingkap ilmu pengetahuan dalam al qur'an.
Selain fenomena tentang hewan melata yang diceritakan di atas, fenomena lain yang berhubungan dengan psikologi dan sosiologi juga di ungkapkan dengan berbagai fakta menarik seperti fenomena terkabulnya do'a, semua orang akan mati, hikmah larangan mendekati zina, kondisi orang yang takut, dan berbagai fenomena menarik lainnya tentang psikologi dan sosial yang diungkapkan dalam al quran disertai fakta menarik dari ilmu pengetahuan.
Fenomena lain juga di ungkapkan tentang biologi dan fisika seperti daur hidup manusia, kemustahilan evolusi, pelajaran tentang lalat, biji bijian sebagai rezeki, jari jemari dan sidik jari serta fenomena fisika seperti teori relativitas dalam al quran, air laut yang asin, fatamorgana, kekuatan besi, siklus air, manfaaat air di gurun, hal yang lebih kecil dari atom dan berbagai fenomena tentang biologi dan fisika dalam al quran yang ternyata sungguh luar biasa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan yang telah di ungkapkan para ilmuwan terdahulu bahwa fenomena tersebut benar adanya. Padahal al qur'an  sudah ada jauh sebelum para ilmuwan melakukan berbagai percobaan teorinya.  Sungguh fenomena yang menakjubkan segala yang diungkapkan dalam al qur'an.
Fenomena lain yang diungkapkan dalam buku ini yaitu fenomena tentang geografi dan astronomi dimana telah dijelaskan dalam al quran tentang keadaan alam semesta ini mulai dari fenomena tentang salju, waktu matahari, pembatas perairan asin dan tawar, bumi yang berbentuk bulat, rotasi dan revolusi matahari, bukti ilmiah terbelahnya bulan, dan berbagai fenomena geografi dan astronomi dipaparkan oleh ayat al quran kemudian dijelaskan dengan ilmu pengetahuan saat ini yang benar adanya sesuai dengan fakta tanpa ada penyimpangan fakta antara apa yang disebutkan dalam al quran dengan fakta ilmu pengetahuan.
Penjelasan tentang fakta sejarah juga diungkapkan dalam buku ini seperti sejarah kaum Tsamud, kaum 'Ad, kaum nabi luth serta fenomena jasad fir'aun yang dapat kita ambil pelajaran dari kisah-kisah umat terdahulu tersebut.
Bahkan dalam buku ini juga dijelaskan secara mendatail tantang makanan, seperti mudharat daging babi, manfaat madu, tentang ASI dan kesehatan bayi, fenomena tentang puasa yang ternyata bisa membuat otak cerdas dan tubuh mengeluarkan detoksifikasi ( racun ).
Begitu banyak fenomena- fenomena menarik dalam al qur'an yang membuat kita semakin takjub dan menambah keimanan kita jika kita mau berfikir dan mengambil pelajaran.
Berbagai fenomena lain dalam al quran masih menjadi hal yang menarik untuk dipelajari selain 99 fenomena yang dijelaskan pada buku ini. Selain 99 fenomena yang dipaparkan dalam buku ini, masih banyak fenomena lain yang belum.terungkap.
Buku ini dalam menceritakan setiap fenomena yang disertai dengan pendapat para ahli yang dikutip dari berbagai buku lain yang ada kaitannya dengan fenomena yang di bahas. Diantara buku yang menjadi referensi dalam penulisan buku ini yaitu buku karya Quraish Shihab ( Wawasan Al - Qur'an ), Dr. Zakir Naik ( Jelajah Alam Bersama Al - Qur'an ), Harun Yahya ( Keajaiban Al - Qur'an )  , Syaikh Yusuf Qardhawi ( Halal dan Haram ), Ibnu Qayyim Al Jauzi ( Pengobatan Ala Nabi saw ), dan berbagai buku lainnya yang berkaitan dengan fenomena yang dibahas.

Keunggulan dan Kelemahan Buku
Buku ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya penyajian fenomena yang dibahas dijelaskan secara urut dan ditulis dengan gaya bahasa yang mengajak kita berfikir,  menyandingkan ayat-ayat Allah dalam al qur'an dengan ayat-ayat Nya di alam raya.
Selain itu buku ini juga dalam memberikan penjelasan tentang ayat al qur'an, penjelasan tentang  tafsir dan ilmu pengetahuannya menggunakan referensi buku-buku yang begitu banyak dan terpercaya.
Membaca buku ini menjadikan kita ulul albab ( orang yang berfikir ) dan meyakini al qur'an sebagai kitab yang tidak ada sesuatu pun di dalamnya kecuali kebenaran.

Namun beberapa kelemahan buku ini yaitu fenomena yang diungkapkan tidak secara keseluruha dalam al qur'an,  99 fenomena dengan 240 halaman menjadikan ulasan tiap fenomena tidak sama, ada yang begitu singkat penjelasannya ada juga yang panjang dan detail penjelasannya. Sehingga penjelasan tiap fenomena tidak merata. Selain itu penjelasan tentang tafsir ayat al qur'an juga tidak disertai dengan tulisan arab sehingga dalam membaca ayat kurang begitu mengerti tulisan ayatnya dan  hanya mengetahui terjemahannya.

Kesimpulan
Buku ini sangat bagus dan layak untuk kita baca karena bisa menambah wawasan kita tentang berbagai fenomena menakjubkan dalam al qur'an yang mengungkapkan berbagai fakta menarik dan bisa menamgajak  kita untuk menjadi ulul albab ( orang yang berfikir ) serta dapat menambah keimanan kita tentang kebenaran al qur'an.

Komentar

  1. Saya mahu beli ebooknya jika ada. Boleh hubungi saya +60194427396 melalui wasap shj

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Revolusi Paradigma Thomas Kuhn

LKS Materi Macam-macam Sunnah